Umum

Minat Belajar Siswa, Sangat Penting untuk Mengetahuinya!

E-Belajar.id – Tak bisa dimungkiri, rasanya susah-susah gampang ya, menumbuhkan minat belajar siswa. Apalagi, setiap siswa pasti punya minat berbeda-beda dalam proses pembelajaran. Baik untuk pengembangan dirinya sendiri, maupun belajar di sekolah.

Ngomong-ngomong soal minat, saya jadi teringat cerita teman saya yang selalu mendapat hadiah ketika ia berhasil mendapatkan nilai bagus. Nah, pemberian hadiah yang merupakan bentuk penerapan teori Belajar Behavioristik ini menjadi salah satu cara yang banyak orang tua lakukan untuk meningkatkan ketertarikan anaknya dalam belajar.

Sebetulnya, minat belajar memberikan motivasi yang kuat pada proses belajar siswa, mengarahkan mereka pada tujuan pembelajaran, dan membantu mencapai kesuksesan akademik.

Tidak hanya orang tua, kita sebagai guru juga berperan untuk menerapkan berbagai strategi yang bisa membangun minat belajar siswa, lho. Namun, memang menerapkannya tidaklah mudah. Tak jarang, kita menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan bagaimana cara agar siswa terdorong dan mempunyai ketertarikan dalam pembelajaran. Apakah Bapak dan Ibu Guru merasakan hal serupa?

Nah, sebab itu, agar proses pembelajaran di kelas semakin seru, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan minat belajar. Berikut penjelasannya.

Pengertian Minat Belajar Siswa

Menurut Slameto dalam Pengembangan Minat & Bakat Belajar Siswa (2022), minat adalah rasa kesukaan dan keterikatan terhadap sesuatu atau kegiatan tertentu, tanpa adanya permintaan dari siapapun.

Minat menjadi bagian yang penting dalam perkembangan belajar siswa. Mereka yang berminat terhadap materi tertentu pasti akan mempunyai kemampuan untuk lebih cepat dan mudah mempelajarinya. Dengan kata lain, minat belajar adalah dorongan dari dalam diri siswa untuk belajar, yang pada akhirnya menyebabkan perasaan senang, menguntungkan, dan mendatangkan keputusan dalam dirinya.

Misalnya, saat muncul dorongan dan perasaan menyenangkan selama mempelajari jenis-jenis bangun ruang, artinya seseorang punya minat belajar yang besar terhadap bidang Matematika. Ketertarikan inilah yang kemudian membuatnya mengambil keputusan untuk mendalami ilmu tersebut. Misalnya, dengan mengambil penjurusan kuliah atau bekerja di bidang yang berkaitan dengan Matematika.

Selain perasaan senang, ada indikator minat belajar siswa lainnya yang bisa Bapak dan Ibu Guru perhatikan, yaitu:

  1. Adanya perasaan senang terhadap proses pembelajaran.
  2. Adanya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
  3. Munculnya kemauan untuk terus belajar.
  4. Adanya pemusatan perhatian dan pikiran terhadap proses pembelajaran.

Faktor yang Memengaruhi Minat Belajar Siswa

Ada banyak faktor yang terlibat dalam proses belajar siswa. Mungkin saja saat salah satu faktor itu hilang, minat belajar siswa pun akan berkurang.

Salah satu contohnya bisa kita ambil dari pengalaman teman saya sebelumnya. Ketika berhasil mendapat nilai yang baik, dia akan menerima hadiah dari orang tuanya. Otomatis, minat belajarnya semakin meningkat karena ingin mendapatkan hadiah lagi.

Sebaliknya, jika suatu hari teman saya mendapatkan nilai yang kurang maksimal, tidak ada hadiah yang ia dapat dan keinginannya untuk belajar pun bisa jadi menurun.

Dari contoh tersebut, kita bisa melihat bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa, di antaranya:

  1. Faktor internal, berasal dari dalam diri siswa yang sebabnya dari faktor fisiologis dan psikologis. Contohnya, konsentrasi, rasa takut, atau ketidakmampuan untuk memahami materi.
  2. Faktor eksternal, berasal dari luar diri siswa yang sebabnya dari faktor sosial dan non sosial. Contohnya, dukungan guru, masalah keluarga, atau keterbatasan sarana prasarana.

Setelah memahami pengertian minat dan hal yang mempengaruhinya, sekarang muncul pertanyaan lainnya seperti “seberapa penting guru meningkatkan minat belajar siswanya?”, “apa saja manfaat dari minat dalam proses belajar?”

Tenang, jawabannya akan kita bahas bersama di bawah ini, ya, Bapak dan Ibu Guru.

Hubungan Antara Minat dan Belajar

Adanya minat belajar secara positif mempengaruhi proses pembelajaran serta hasil belajar.

Kegiatan belajar bisa berhasil dan berjalan maksimal ketika siswa memusatkan perhatiannya untuk pelajaran, dan salah satu faktor yang memunculkan perhatian itu adalah minat.

Dukungan untuk mengembangkan minat memungkinkan siswa untuk menciptakan koneksi pribadi dengan pembelajaran mereka dan meningkatkan kinerjanya. Selain itu, siswa bisa mengembangkan pemahaman konseptual yang mengarahkannya untuk mengambil tujuan pembelajaran selanjutnya. Saat siswa mempunyai minat pada suatu materi yang harus dipelajari atau tugas yang harus diselesaikan, perhatian mereka akan terfokus, memiliki tujuan dan strategi pembelajaran, kepercayaan untuk menyelesaikannya, serta kemampuan untuk mengatur diri sendiri.

Melihat hubungan minat dan belajar yang berdampak positif pada proses pembelajaran siswa, guru harus mampu memelihara motivasi siswa, mengetahui kebutuhan mereka, serta berupaya untuk mengembangkan minat belajarnya.

Lalu, apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkannya?

Cara Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Sebelum mengembangkannya, penting bagi kita untuk mengetahui dulu apa saja minat yang sebenarnya dimiliki siswa.

Kita bisa melakukan survei sederhana dengan memberikan angket minat belajar siswa. Angket ini berisi pertanyaan untuk mengetahui minat belajar mereka, cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkannya, dan menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan dari minat belajar tersebut. Selain dengan angket, cara lainnya untuk membangkitkan minat siswa adalah dengan menggunakan minat-minat yang sudah ada.

Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan informasi terkait hubungan antara materi yang akan dipelajari dengan pelajaran sebelumnya, menjelaskan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga muncul ketertarikan dalam diri siswa.

Author

E-Belajar

Platform Digitalisasi Sekolah, menciptakan sekolah yang profesional sebagai prioritas kami dalam menjunjung tinggi pelaksanaan pendidikan untuk menjadi yang terbaik di era digitalisasi saat ini.