Umum

4 Strategi Ampuh Lawan Rasa Malas Saat Belajar di Rumah

E-belajar.id – Istilah pembelajaran jarak jauh sudah pasti tidak asing lagi di telinga kita. Semenjak Maret 2020 kemarin, pembelajaran jarak jauh mulai diterapkan di berbagai kota di Indonesia, yang membuat banyak siswa yang harus belajar online di rumah aja. Tentunya pembelajaran jarak jauh mempunyai suka dan dukanya sendiri yang berbeda dari belajar normal secara offline.
Selama belajar di rumah, nyatanya rasa malas lebih sering datang daripada melakukan pembelajaran langsung di sekolah, apalagi mendukungnya kondisi rumah yang kadang membuat siswa terlalu “nyaman” ataupun gampang terdistraksi. Apakah kalian salah satu yang mengalami hal tersebut? Kalau iya, berarti tulisan ini cocok untukmu! Yuk mari kita lihat beberapa strategi dalam melawan rasa malas selamat belajar di rumah aja, selamat membaca!

memiliki strategi yang ampuh dalam belajar dapat mengurangi rasa malas yang kerap melanda.

Inilah 4 strategi ampuh untuk melawan rasa malas saat belajar di rumah.

1. Cari Teman Belajar
Rasa bosan dan malas biasanya datang karena merasa kesepian, apalagi selama karantina membuat kita tidak bisa menemui orang-orang dengan secara bebas. Belum lagi setiap harinya kamu mungkin hanya bersama gadgetmu yang sudah pasti membuat kamu kerap merasa jenuh, malas, tidak produktif, dan merasa sendiri untuk belajar. Di masa modern ini, kamu bisa mengajak temanmu untuk sekadar melakukan video call sambil membahas pelajaran yang ada lho. Ditemani belajar pasti akan membuatmu bersemangat dan kalian juga bisa saling mengajari.
2. Buat Jadwal Belajar
Salah satu tantangan dari belajar online di rumah adalah kita harus memiliki kemampuan mengalokasikan waktu belajar kita dengan baik. Makanya tidak jarang banyak dari kamu yang mungkin belum bisa mengatur waktunya sehingga memberikan efek yang terkesan santai, padahal sebetulnya kamu perlu mengatur waktu belajarmu karena ada banyak tugas yang harus kamu selesaikan. Untuk itu, kamu harus pintar-pintar dalam mengatur waktu belajar. Caranya adalah dengan membuat jadwal belajar yang teratur khusus untuk dirimu sendiri. Dengan menggunakan jadwal belajar, manajemen waktumu akan jauh lebih terorganisir dan efisien.
3. Uji Kemampuanmu Secara Berkala
Kata siapa kita hanya bisa menguji kemampuan otak kita hanya pada saat ujian saja? Kamu bisa lho melakukan uji kemampuan secara berkala menggunakan berbagai latihan soal yang ada. Ini penting banget dilakukan karena kadang hanya dengan membaca materi dan mengerjakan tugas saja kadang tidak cukup untuk benar-benar memahami materi pelajaran yang ada. Hasil dari uji kemampuan tersebut juga bisa menjadi bahan evaluasimu agar tahu materi mana yang sudah kamu pahami dengan baik dan materi mana yang harus pelajari lagi.
4. Luangkan Waktu untuk Melakukan Hobi
Kadang memang rasa malas sendiri datang karena terlalu sering kita memaksa otak untuk belajar. Nah, kalau sudah begitu, silahkan untuk mengambil waktu sendiri dengan melakukan hobi atau kegiatan yang kamu sukai. Ini agar kamu juga bisa beristirahat dari segala materi karena otak juga membutuhkan istirahat. Gunakan waktu ini sebagai bentuk apresiasi diri karena kamu telah giat dalam belajar.
Itulah beberapa strategi ampuh belajar di rumah yang bisa membantu melawan rasa malas ketika kita belajar di rumah.

Author

E-Belajar

Platform Digitalisasi Sekolah, menciptakan sekolah yang profesional sebagai prioritas kami dalam menjunjung tinggi pelaksanaan pendidikan untuk menjadi yang terbaik di era digitalisasi saat ini.