Fitur E-Belajar

E-Learning E-Belajar lebih komplit dan efektif

Inti proses pembelajaran dalam e-belajar terdapat pada menu Materi Pembelajaran, Evaluasi dan Penugasan yang diinput oleh akun guru kemudian nantinya akan muncul di akun peserta didik sesuai dengan pengaturan yang telah dibuat oleh akun guru. Sebelum membuat materi pembelajaran, evaluasi dan penugasan pastikan akun guru tersebut telah dijadwalkan oleh akun admin pada jadwal pelajaran sesuai dengan mata pelajaran dan kelas yang diampu karena jika belum terjadwalkan maka akun guru tersebut tidak akan bisa menginput materi pembelajaran atau yang lainnya.

Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran dibuat guru sebagai referensi pertama untuk peserta didik dalam mempersiapkan diri bahwa yang akan dibahas oleh guru dalam video conference juga sebagai ulasan yang nantinya dapat dibaca/dibuka berulang-ulang sesuai kebutuhan peserta didik. Dalam penginputan materi pembelajaran e-belajar ini juga mendukung beberapa fitur seperti tambah gambar, tambah file (jika ada), embed video dan dapat dilakukan secara multiple kelas.

Tugas/Penugasan

Setelah materi  pembelajaran telah diinput, maka biasanya dilakukan penugasan sebagai bentuk penilaian bahwa peserta didik mampu memahami materi yang diberikan oleh guru. Di menu penugasan ini guru dapat memberikan instruksi penugasan yang kemudian peserta didik harus mengupload dokumen penugasan dalam benetuk .doc, .ppt, .xls untuk mendapat penilaian. Berbeda dengan materi pembelajaran yang dapat dibuka berulang-ulang kapan saja, menu penugasan memiliki batas waktu sesuai yang ditetapkan oleh guru. Jadi ketika peserta didik mengerjakan melewati batas waktu yang ditetapkan maka penugasan tersebut tidak akan bisa dibuka.

Evaluasi

Dalam menu evaluasi guru dapat memilih jenis evaluasi yang akan dibuat seperti ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, ujian sekolah dan ujian sekolah berstandar daerah sesuai kebutuhan. Evaluasi yang dibuat ini berbentuk soal yakni soal pilihan ganda dan esai atau dapat dipilih salah satunya. Update terbaru menu evaluasi e-belajar saat ini sudah mendukung rekam dan upload audio, ini memudahkan guru ketika ingin membuat soal listening pada mata pelajaran Bahasa inggris. Sama halnya dengan menu tugas, menu evaluasipun memiliki batas waktu yang ditentukan untuk dikerjakan oleh peserta didik.

Author

E-Belajar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *