Umum

Tips Sukses Mengerjakan Ujian Online di Rumah Bagi Siswa

E-Belajar.id – Mungkin sebagian dari kalian ada yang udah tidak asing lagi atau sudah biasa dengan sistem ujian yang sekarang jadi online, tapi wajar juga kalau ada yang baru akan pertama kali melaksanakannya. Nah buat kalian yang masih belum terbiasa dengan ujian online, kali ini kita akan bahas beberapa tips yang bisa kalian lakukan dalam menghadapi ujian online di rumah, saat mengerjakan ujian online di rumah nantinya.

Tips dalam Mengerjakan Ujian Online.

1. Cek Jadwal Ujian dengan Teliti
Mungkin ini terdengar sepele, tapi banyak juga yang suka kelupaan dan berimbas jadi pusing sendiri. Itu makanya kalian perlu buat selalu cek jadwal ujian yang akan kalian hadapi. Kalian harus memastikan kalau apa yang kalian pelajari di hari sebelumnya, itulah yang menjadi ujian mata pelajaran di hari setelahnya. Selain itu, kalian juga bisa mengecek jadwal ujian kalian di hari lainnya, biar kalian bisa mulai mengalokasikan waktu belajar dari sekarang.
2. Bangun Tepat Waktu
Semenjak persekolahan yang udah jadi online di rumah, pasti sering banget ketemu kasus siswa yang kesiangan bangunnya. Nah, kebiasaan bangun kesiangan itu ga boleh kalian biarin aja. Ada baiknya, menjelang minggu-minggu ujian, kalian membiasakan diri dengan bangun tepat waktu di pagi hari. Dengan kalian bangun tepat waktu dan lebih pagi, kalian bisa jadi punya waktu persiapan sebelum memulaikan ujian nanti. Kalau nanti kalian bangun kesiangan, yang ada malah kalian akan menjadi kewalahan dan malah tidak fokus mengerjakan ujiannya.
3. Pilih Tempat Ujian yang Nyaman dan Kondusif
Kalo selama belajar online kalian biasanya hanya belajar di kasur aja, kebiasaan ini tidak boleh keterusan saat akan ujian. Meskipun dilakukan online di rumah, kalian nggak boleh asal pilih dalam menentukan tempat pengerjaan ujian, karena ini sangat penting buat membantu performa kalian selama ujian. Dalam mengerjakan ujian, kalian disarankan untuk memilih tempat yang nyaman tapi tetap kondusif. Pilihlah tempat yang jauh dari gangguan suara, dan mendapat pencahayaan yang baik agar kalian jadi bisa lebih fokus dan berkonsentrasi saat mengerjakan ujiannya

ilustrasi seorang siswa yang sedang mengerjakan ujian online.

Ketelitian Sangat Penting dalam Mengerjakan Ujian.

4. Siapkan Semua Perlengkapan yang Dibutuhkan
Kalau saat belajar di sekolah seperti biasa kalian hanya memerlukan alat tulis menulis, tentunya dengan sistem ujian yang sekarang online ini, ada juga perlengkapan tambahan yang harus kalian siapkan. Sudah pasti kalian harus menyiapkan perangkat elektronik seperti handphone atau laptop, yang sudah pasti didukung dengan jaringan wi-fi yang baik ataupun kuota data. Walaupun sudah online, dianjurkan untuk tetap menyediakan kertas dan pulpen, karena bisa kalian gunakan sebagai bahan coretan.
5. Baca Setiap Petunjuk Ujian dengan Cermat dan Teliti
Sudah pasti dengan adanya metode ujian online, ada beberapa petunjuk ujian yang mungkin baru ada sekarang ini. Oleh karena itu, kalian perlu membaca setiap petunjuk pengerjaan ujian dengan cermat dan juga teliti, ini untuk menghindari gangguan-gangguan teknis yang bisa
terjadi saat pengerjaan ujian. Kalau nanti mungkin ada petunjuk yang belum jelas, silahkan langsung menanyakan kepada guru masing-masing ya, tapi ingat untuk mengikuti prosedur sekolah yang ada ya.
6. Kerjakan Ujian dengan Sungguh-Sungguh
Tips kali ini sangat sangat penting, nggak cuman saat ujian online namun juga saat ujian offline. Ibaratnya, ini merupakan step yang paling penting dalam mengerjakan ujian. Dalam menjawab soal saat ujian online, penting untuk menjawab secara teliti dan seksama. Biasanya kalau ujian online, siswa itu seringkali terlalu buru-buru dalam memilih jawaban yang ada. Bahkan tidak jarang jarang, kalian suka malas dan nggak memperhatikan jawaban yang sudah kalian isi. Usahakan untuk selalu membaca soal dengan teliti, dan jangan lupa memilih jawaban yang tepat dengan tidak terburu-buru.

7. Periksa Kembali Jawaban Ujian

Tips yang terakhir ini juga tidak kalah penting dari tips sebelumnya. Walaupun kalin sudah mengerjakan setiap soal ujian dengan teliti, namun terkadang bisa aja ada hal-hal yang kalian lewatkan. Untuk itu sangat penting untuk memastikan kembali jawaban kalian, sudah akurat belum. Terakhir, sebelum kalian mengumpulkan jawaban ujian, pastikan kalian sudah memeriksa kembali jawaban ujian kalian dan juga jangan lupa pastikan semua soal ujian sudah terjawab ya.
Oke, jadi itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan saat mengerjakan ujian online di rumah. Sebelum mengerjakan ujian, jangan lupa untuk mempersiapkan mental dan energi terbaik kalian ya!

Author

E-Belajar

Platform Digitalisasi Sekolah, menciptakan sekolah yang profesional sebagai prioritas kami dalam menjunjung tinggi pelaksanaan pendidikan untuk menjadi yang terbaik di era digitalisasi saat ini.